JUAL Peta Kuno Militer & Lokasi Pesawat Tempur dari Amerika, Inggris dan Belanda di Jawa (Tahun 1941)


JUAL peta militer - peta lokasi pesawat - pesawat tempur dari Amerika, Inggris dan Belanda di pulau Jawa, dibuat 8 Desember 1941. Ukuran: 29 x 45 cm. Harga: Rp 750 ribu. Jika berminat, hubungi SMS / WA: 085743655818.



Awal mula Perang Dunia II di medan Asia-Pasifik diawali oleh Jepang dengan membom secara tiba-tiba terhadap pangkalan terbesar Angkatan Laut Amerika Serikat Pearl Harbour di Pasifik tanggal 7 Desember 1941. Beberapa jam kemudian setelah penyerangan itu, Gubernur Jenderal Hindia Belanda Tjarda Van Starkenborg Stachouwer menyatakan perang terhadap Jepang. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi serangan dan invasi Jepang ke Selatan ( Hindia Belanda). Dan pada kenyataannya, Jepang dalam waktu singkat menaklukan Philipina. Untuk menghadapi serangan Jepang, tentara Sekutu membentuk komando ABDACOM (American, British Dutch Australian Command) yaitu gabungan dari pasukan Amerika, Inggris, Belanda, dan Australia yang bermarkas di Lembang (dekat Bandung). Pasukan ini mulai beroperasi tanggal 15 Januari 1942 di bawah panglima besar Sir Archibald Wavell (Inggris). Kemudian mereka pun membuat pangkalan militer di beberapa titik di Pulau Jawa untuk menghadapi perang dengan Jepang. 




Namun dengan taktik perang Jepang yang cekatan dan serangan membabi buta akhirnya pada bulan Januari 1942 Jepang telah berhasil menaklukan beberapa pulau di Indonesia kala itu.

Comments